Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Fungsi Peralatan Proses Lengkap Pada Komputer(Hardware Peralatan Proses)


Peralatan proses Komputer

Pengertian Dan Fungsi Peralatan Proses Lengkap Pada Komputer(Hardware Peralatan Proses)

Apa Itu Peralatan Proses? Fungsi Peralatan proses? Contoh Peralatan Proses?
                
Peralatan proses adalah peralatan yang terdiri atas komponen hardware yang saling berhubungan dalam menerima data, data yang di terima kemudian di proses menjadi sebuah informasi kepada berainware/pengguna. Peralatan proses ini bertugas menerima data dari peralatan input yang kemudian di proses oleh peralatan proses yang kemudian di olah menjadi sebuah inforsai kepada brainware/pengguna.
Peralatan proses terdiri dari central processing unit(CPU) atau processor yang di dukung oleh moterboard dan di bantu oleh komponen-kompunen yang ada di dalam motherboard tersebut. Perlatan proses terdiri dari:

Baca juga:

Pengertian Peralatan Output Dan Contohnya Beserta Fungsinya|Lengkap!

1. Cassing

Cassing adalah perangkat berbentuk kotak box, yang berfungsi sebagai wadah atau tempat untuk meletakan perangkat-perangkat keras hardware CPU. 

2. Power Supply

Power supply adalah perangkat hardware yang berfungsi untuk mengubah tegangan AC menjadi DC dan mensupply tegangan ke komponen komponen hardware yang membutuhkan tegangan. Jadi power supply lah yang menjadi indikator utama komputer dapat hidup karena power supply yang memberikan tegangan daya arus listrik pada semua komponen hardware.

3. Motherboard

Moterboard merupakan perangkat terpenting dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat terpasangnya berbagai perangkat hardware lainnya seperti prosessor, memori, VGA card, sound card, I/O card dan lainnya.

4. CPU atau Prosessor

Cpu adalah komponen berupa chip atau ic yang berbentuk persegi empat yang merupakan otak pengendali proses kerja komputer yang di bantu dengan komponen-komponen lainnya. Tanpa motherboard, peralatan hardware seperti RAM atau yang lainnya tidak bisa di pasang.

5. Memori Utama (RAM)

Memori atau RAM berfungsi sebagai menyimpan data dan program bersifat sementara, yaitu saat komputer sedang di hidupkan. Ketika komputer sedang di jalankan, RAM bertindak cepat menyimpan data yang sedang di kerjakan selama komputer itu masih hidup. 

6. Hardisk

Hardisk adalah komponen berbentuk segi empat yang berisi platter piringan, head, papan elektronik, motor penggerak dan komponen lain. Hardisk berfungsi sebagai alat booting komputer, media penyimpanan OS, dan media penyimpanan semua data dalam kapasitas sangat besar.

7. VGA Card

Vidio Grapic Adaptor adalah komponen hardware yang menghubungkan peralatan pemroses grafis dengan peralatan output yaitu monitor.

8. Sound Card

Sound Card adalah komponen hardware komputer yang berbentuk chipset pada motherboard yang berfungsi sebagai card tambahan.

9. Heatsink Fan

Heatsin Fan merupakan peralatan pendingin yang berfungsi untuk mengurangi panas yang di timbulkan oleh prosessor pada saat komputer di gunakan.

10. Kabel Power dan Kabel Konektor

Kabel Power berfungsi sebagai penghubung daya aliran listrik pada komputer sedangklan kabel konektor sebagai penghubung antara komponen dengan komponen lainnya.


Post a Comment for "Pengertian dan Fungsi Peralatan Proses Lengkap Pada Komputer(Hardware Peralatan Proses)"