Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Perangkat Keras Jaringan Komputer LAN Yang Wajib Untuk Membuat Sebuah Jaringan

Perangkat Keras Jaringan Komputer LAN

Perangkat keras jaringan komputer LAN biasa di gunakan sebagai perangkat penunjang untuk terhubungnya antar satu sama lain agar membentuk sebuah segmen atau juga di sebut sebagai jaringan. Jaringan komputer LAN merupakan jaringan yang di gunakan sebagai jaringan yang mempunyai cakupan wilayah yang berdekatan misalnya jaringan LAN yang biasa di gunakan di sebuah instansi perkantoran atau juga sekolah-sekolah.
Perangkat Keras Jaringan Komputer
Untuk membuat sebuah jaringan LAN tersebut haus membutuhkan perangkat penunjang yang di sebut sebagai perangkat keras jaringan komputer yang terdiri dari perangkat penguhung ke dalam sebuah jaringan yaitu: 

1. Server

Server merupakan perangkat keras yang berpungsi menyediakanberbagai layanan kepada computer client. Ada beberapa layanan di antaranya yaitu: 
a. Disk server 
layanan ini menyediakan ruang harddisk yang dapat di akse setiapa computer client. 
b. File server 
File server ini menyediakan akses terhadap file yang dapat diakses dan selanjutnya dapat dimodifikai atau di- update. 
c. Printer erver 
Menyediakan layanan fasilitas pencetakan yang terhubung dengan computer server. 
d. Pengaturan komunikasi email antar-client 
e. Optical drive 
CD/DVD drive dapat di akses secara bersama-sama oleh semua computer client. 
f. Layanan internet 
Computer server yang terhubung ke internet dapat membagi akun internetnya ke semua computer client .

BACA JUGA:
Pengertian dan Prinsip & Cara Kerja DHCP/DHCP Server

Jika di lihat dari fungsinya, server dibagi menjadi dua jenis yaitu: server dedicated dan server non dedicated. Server dedicated merupakan jenis server yang murni berfungsi sebagai server dan tidak dapat di gunakan sebagai client untuk memastikan apakah server ini merupakan server dedicated atau bukannya dapat di lihat dari system oprasi yang di jalankan nya, misalnya: novell netware atau windows NT. Sementara itu server nondedicated merupakan server yang berfungsi selain sebagai server juga bisa berpungsi sebagai client. 

2. Workstation/client 

Merupakan computer yang langsung digunakan oleh pengguna dalam melakukan pekerjaan sehari-harinya. 

3. NIC/ Network Interface Card 

NIC atau LAN card merupakan peranglkat yang mutlak di perlukan jika computer kita ingin terhubung ke LAN. Berdasarkan interface-nya LAN card di bagi menjadi dua jenis yaitu: ISA dan PCI. Jenis ISA saat ini sudah tidak diproduksi lagi karna tingkat pengiriman datanya yang hanya mencapai 16 bit. Sedangkan PCI merupakan jeni yang banyak di produksi dengan kecepatan transmisi data hingga 32 bit.

Saat ini ada beberapa NIC yang dapat digunakan yaitu: ( Ethernet,ARCner, token ring, dan FDDI.adapun yang paling popular di gunakan adalah jenis Ethernet. Secara umum, terdapat dua jenis Ethernet, yaitu Ethernet atau 10base-T, dan fast Ethernet atau 100base-T. 10base-T menyediakan tranmisi data hingga 10mbps. Ethernet ini terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu:10base2, 10base5,10baseT. Ethernet 10base2 ini menggunakan kabel tipe koaksial dengan diameter lebih tipis, berbiaya murah,dan mudah pemasanganya. 10base5 hampir sama dengan 10base2, namun diameternya lebih besar. 10baseT menggunakan kabel tipe unshielded twisted pair(UTP). 

4. HUB 

Merupakan perangkat yang banyak di gunakan dalam topologi star. Hub bertindak sebagai pusat atau consentrator dalam jaringan dan akan selalu menerima dan mengirimkan data kesemua client. Hub berperan sebagai kotak yang hanya menyambungkan kabel-kabel jaringan dengan computer client. 

5. Switch 

Merupakan perangkat hasil pengembangan dari hub. Hub hanya menerim data dan mengirimkannya kembali ke semua computer client walaupun computer tersebut tidak membutuhkan data tersebut.dengan demikian, kinerja jaringan akan menurun. Di samping itu hub hanya mengirimkan dan menerima data pada waktu-waktu tertentu atau di sebut dengan half duplex. lain hal dengan hub, switch memiliki kemampuan untuk menentukan arah tujuan computer untuk data yang di terimanya denga kata lain, data yang di terima switch akan langsung di kirimkan ke computer penerima, dengan demikian proses pengiriman data akan lebih cepat. 

6. Repeater 

Berfungsi untuk memperkuat sinyal jaringan ketika mencapai jarak yang sangat jauh. Dengan demikian, sinyal yang tadinya lemah dapat di perkuat kembali dan di salurkan ke tempat lain sehingga dapat menjangkau area yang sangat luas. 

7. Bridge 

Berfungsi untuk menghubungkan satu segmen jaringan dengan segmen jaringan yang lain. Bridge yang baik, umumnya hanya akan meneruskan dan mengirimkan data kepada computer/client yang menjadi tujuannya. 

8. Router 

Memiliki fungsi yang sama dengan bridge, namun router memiliki kemampuan lain, yaitu dapat menentukan keputusan rote terbaik yang harus di tempuh data, sehingga data dapat sampai di tujuan dengan lebih cepat. Rute terbaik tersebut, selanjutnya disimpan di memori router sehingga untuk pengiriman selanjutnya hanya rute itu saja yang akan di tempuh. 

9. Kabel

Kabel merupakan peranan penting karena kabel merupakan administrator terhubungnya antara perangkat keras jaringan komputer sehingga membentuk sebuah segmen jaringan. Selain itu kabel juga sebagai mediat transportasi data yang menghubungkan antara komputer-komputer dengan alamat komputer yang tersedia.

Kesimpulan:Berdasarkan perangkat keras jaringan LAN di atas bahwa dapat kita ketahui perangkat keras yang telah di jelaskan di atas merupakan perangkat yang wajib ada untuk membentuk sebuah segmen jaringan. Tanpa ada/ kurangnya perangkat keras jaringan tersebut maka sebuah jaringan tidak akan terbentuk menjadi sebuah segmen.

Post a Comment for "Macam-Macam Perangkat Keras Jaringan Komputer LAN Yang Wajib Untuk Membuat Sebuah Jaringan"